. . .
Instagram @nnoart

---

Tuesday, December 29, 2015

Alaminya Wana Wisata Alam Bedengan Malang



Wana Wisata Alam Bedengan Malang adalah salah satu tempat wisata alam sekaligus bumi perkemahan yang lokasinya tidak jauh dari kota Malang dan kota Batu.

Wana Wisata Alam Bedengan di Malang, salah satu tempat yang masih alami tidak jauh dari kota Malang, tepatnya di desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tempat ini hanya berjarak beberapa meter dari kebun jeruk Selorejo yang sudah diulas sebelumnya DISINI. Selain dekat dengan kebun jeruk Selorejo, juga dekat dengan Petungsewu Wildlife Education Center (PWEC). Lokasinya bisa diakses dari Joyo Grand, Tidar, Bandulan atau Sengkaling.

Perjalanan ke arah Bedengan merupakan perjalanan yang tidak boleh dilewatkan sambil tidur (jika tidak mengendarai kendaraan), oleh karena pemandangan kebun jeruk yang indah di kiri kanan akan benar-benar memanjakan mata. Oleh karena itu sangat disarankan untuk benar-benar menikmati perjalanan baik dari kota Malang atau kota Batu menuju Wana Wisata Bedengan Malang ini.

Jalan yang dilalui tidak terlalu lebar dan tidak terlalu mulus, ini merupakan salah satu kendala apabila ke Bedengan dengan kendaraan roda 4. Setibanya dekat pintu masuk ke arah Bedengan, kendaraan roda 4 sudah tidak dapat melaluinya. Kendaraan roda 2 dapat melalui jalan makadam yang terakhir (Desember 2015) terlihat sudah lebih baik dari sebelumnya (Mei 2014) yang terlihat sangat rusak parah.

Sebagai salah satu dari sekian banyak bumi perkemahan dekat kota Malang dan kota Batu, Bedengan merupakan tempat yang masih terlihat alami, walaupun sudah ada beberapa fasilitas penunjang di sekitarnya seperti toilet, tempat parkir, warung, flying fox, gazebo lengkap dengan tempat duduk dan sebagainya. Rimbunnya pepohonan pinus, suara gemericik air di sungai yang berasal dari air terjun Coban Brues (lokasinya jauh dan sulit diakses dari Bedengan), suara burung yang berkicau serta udara yang sejuk membuat suasana alami khas pegunungan itu benar-benar terasa di Bedengan.


Untuk berkemah di bumi perkemahan Bedengan yang area perkemahannya seluas 2,5 hektar ini, perlu meminta izin terlebih dahulu dan tarif yang perlu dibayar adalah Rp. 2500,00. Selain itu biaya yang perlu dibayar lagi hanyalah tarif parkir kendaraan bermotor. 

Di bumi perkemahan Bedengan ini sering dijadikan tempat perkemahan bagi para pelajar serta mahahasiswa dari berbagai sekolah serta perguruan tinggi area Malang Raya maupun luar kota seperti Surabaya. Selain berkemah, juga menjadi tempat melaksanakan kegiatan outbound serta bermain dengan flying fox. Kadang kala, pengendara motor trail juga memacu kendaraannya di lintasan berlumpur di dekat area perkemahan Bedengan.

Sekedar informasi tambahan bahwa sampai saat ini area Bedengan Malang masih merupakan milik dan dikelola oleh Perhutani. Sedangkan  Lembaga Kemitraan Desa Pengelola Hutan (LKDPH) Desa Selorejo merupakan pengelola harian Wana Wisata Alam Bedengan ini. Oleh karena itu pengelolaan tempat parkir, warung, petugas jaga serta perawatan area perkemahan dilakukan oleh penduduk desa setempat. Perlu diingat bahwa hal-hal yang tidak boleh dilakukan di tempat ini adalah merusak tanaman-tanaman yang ada. Tetaplah untuk menjaga lingkungan di sekitar.

Mungkin ada yang penasaran seperti apa kawasan Bedengan Malang itu, oleh karena itu saya menyiapkan foto-foto di bawah ini khusus untuk pembaca nnoart.

Koleksi foto nnoart di Bedengan Malang


A photo posted by nnoart (@nnoart) on

A photo posted by nnoart (@nnoart) on

Ini adalah aliran sungai yang berasal dari arah barat (Coban Brues) yang mengalir ke arah timur melalui Bedengan Malang.
Sungai di dekat Bumi Perkemahan Bedengan Malang

Portal pintu masuk menuju areal perkemahan di Bedengan Malang.
Portal Sebelum Masuk Area Perkemahan

Di Bedengan Malang tersedia tempat parkir untuk kendaraan roda 2 yang dijaga oleh penduduk setempat.
Tempat Parkir untuk Kendaraan Roda 2

Pada foto terlihat sebuah warung yang pada saat pengambilan gambar sedang tidak digunakan, dan biasanya memang tidak digunakan.
Warung yang belum difungsikan

Di Bedengan Malang banyak terdapat pohon pinus.
Salah satu spot area perkemahan

Bedengan Malang merupakan salah satu tempat yang cocok untuk membawa anak kecil bermain-main air sungai sambil menghirup udara segar.
Asyiknya bermain air di sungai

Jika anda berencana mengajak anak anda untuk rekreasi atau berkemah, bedengan adalah tempat yang cocok untuk itu.
Ajaklah anak, keponakan atau adik anda bermain-main di Bedengan

Udara yang sejuk dan air yang dingin membuat anda benar-benar merasakan nuansa khas pegunungan selama berada di Bedengan Malang.
Air dan udara yang dingin, jangan lupa membawa jaket :)

Sungai di Bedengan walaupun tidak berdebit besar, namun cocok untuk aktivitas main air.
Aliran air sungai yang tidak terlalu deras


Batu-batu yang ada di sungai sekitar area perkemahan Bedengan Malang ini sering dijadikan tempat menarik buat berfoto ria.
Batu yang sering diduduki untuk selfie. Awas licin!!

Aliran sungai di Bedengan Malang memang tidak terlalu deras, namun perlu berhati-hati saat musim hujan, karena bisa saja ada limpahan air dari tempat yang lebih tinggi.
Bebatuan yang terlihat bersih dan aliran air sungai yang lembut
Keterangan foto:
Lokasi: Wana Wisata Bedengan Malang, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang
Waktu: Mei 2014 dan Desember 2015



SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment