. . .
Instagram @nnoart

---

Thursday, November 26, 2015

Pantai Pasir Putih Situbondo, Pantai Eksotis di Jawa Timur




Mencari pantai di Jawa Timur yang memiliki ombak yang tenang serta laut yang bersih dengan perahu layar banyak berlabuh di tepi pantai? Pantai Pasir Putih Situbondo adalah salah satu yang terbaik dengan kriteria itu. Tidak seperti pantai-pantai indah di Jawa Timur lainnya yang sebagian besarnya berada di wilayah selatan yang berombak besar, pantai yang berlokasi di desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo ini memiliki air laut yang tenang karena lokasinya yang berada di sebelah utara pulau Jawa. Akses menuju pantai ini termasuk yang cukup mudah, oleh karena berada tepat di tepi jalur pantura.

Selain karena pasir pantainya yang putih, bentuk dari pantai ini juga tidak kalah uniknya. Bentuknya yang melengkung menghadap selat Madura, membuat pantai ini terlihat eksotis, apalagi saat perahu-perahu layar sedang berbaris rapi di tepi pantai. Ditambah lagi dengan adanya banyak pepohonan (diantaranya pohon kelapa, asam, jati maupun cemara udang) di belakang pantai membuat kita bisa berteduh sambil menikmati pemandangan salah satu pantai eksotis di Jawa Timur (salah duanya adalah pantai Balekambang) ini.

Selain keindahan pasir yang putih, bentuk melengkung pantai, pepohonan yang teduh serta perahu layar yang berjejer, pantai Pasir Putih Situbondo juga memiliki keindahan bawah laut yang tidak boleh dilewatkan. Dengan laut yang jernih dan tenang, kita dapat melihat ikan-ikan berenang kesana kemari diantara koral-koral yang berwarna-warni. Melihat ikan dan koral di dasar laut ini bisa dilakukan dengan menyelam, melihatnya dari atas sebuah dermaga kecil di sisi timur pantai atau bisa juga dari atas perahu. Berenang, naik perahu layar, snorkling, menikmati pemandangan, mengendari ATV serta berkano adalah hal-hal yang wajib dilakukan saat berada di pantai ini. Oh iya, jika anda mampu membayar lebih dan cuaca mendukung, ada nelayan yang bersedia membawa anda ke pulau Madura dengan perahu layarnya.

Soal kelengkapan fasilitas, pantai Pasir Putih Situbondo termasuk salah satu pantai dengan fasilitas yang lengkap di Jawa Timur. Mau cari tempat penginapan? Ada penginapan dengan berbagai variasi tarif sesuai ukuran kamarnya. Ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga? Toko souvenir berupa pernak-pernik hasil laut ada disini. Atau ingin mengisi perut anda yang kosong setelah lelah bermain di tepi pantai? Anda tidak perlu khawatir, tempat makan dengan menu bervariasi termasuk diantaranya ada menu khas Situbondo ada juga di pantai ini. Hal itulah yang membuat pantai Pasir Putih Situbondo cukup asyik dikunjungi. Tidak dapat dipungkiri, dengan pantai yang indah, akses yang mudah serta ketersediaan fasilitas yang cukup wah, membuat pantai pasir putih Situbondo ini sering ramai dikunjungi pengunjung, apalagi saat hari libur.

Satu hal lagi yang tidak boleh terlewatkan, pada bulan oktober, ada sebuah upacara di pantai ini yang disebut upacara Petik Laut, yang diselenggarakan oleh masyarakat nelayan lokal. Upacara ini dimaksudkan untuk memohon berkah dari Tuhan akan hasil laut yang telah didapatkan. Pertunjukan musik Gandrung, yang merupakan pertunjukan musik tradisional populer masyarakat setempat, adalah salah satu acara wajib saat upacara petik laut.

Selain upacara petik laut, ada berbagai macam acara yang sering diadakan di pantai ini, diantaranya adalah lomba selancar, lomba memancing ikan, konser musik, lomba perahu nelayan serta lomba-lomba lainnya yang dirasa tepat dilakukan di pantai.

Mengenai tarif, tiket masuk ke pantai Pasir Putih Situbondo adalah 6 ribu rupiah, dengan tarif parkir terpisah. Di dalamnya anda akan membayar lagi apabila ingin berlayar ke tengah laut dan juga biaya sendiri untuk menyewa ATV.

Itu saja ulasan singkat mengenai pantai Pasir Putih Situbondo oleh nnoart, semoga ulasan ini dapat membuat anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini. Foto-foto koleksi nnoart di Pantai Pasir Putih Situbondo dapat langsung dilihat dibawah ini.

Koleksi foto nnoart di Pantai Pasir Putih Situbondo


Pantai Pasir Putih Situbondo, difoto dari kejauhan saat naik perahu layar

Air laut yang tenang menjadi daya tarik Pantai Pasir Putih Situbondo

Pepohonan di belakang pantai membuat pantai terasa sejuk

Banyak perahu layar berada di tepian pantai Pasir Putih Situbondo ini

Dengan membayar tarif tertentu, kita bisa berlayar dengan perahu layar di pantai Pasir Putih Situbondo

Salah satu spot foto terbaik di Pantai Pasir Putih Situbondo

Pemandangan pantai Pasir Putih Situbondo yang menarik


Lokasi: Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur
Waktu: Mei 2011


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment