. . .
Instagram @nnoart

---

Sunday, November 29, 2015

Objek Wisata Pantai Bambang di Lumajang



Pantai Bambang di Lumajang, Jawa Timur ini adalah salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Lumajang.

Setelah sebelumnya pernah mengulas mengenai pantai-pantai di Jawa Timur seperti pantai Balekambang di Malang dan pantai Pasir Putih di Situbondo, kali ini giliran salah satu pantai di Kabupaten Lumajang yaitu pantai Bambang yang akan diulas dalam blog nnoart.com ini. Dilihat dari lokasinya yang berada di Kabupaten Lumajang, sudah dapat ditebak kalau pantai Bambang ini merupakan pantai selatan (Lumajang tidak memiliki laut disebelah utara).

Sebagai pantai selatan, tentunya pantai Bambang ini memiliki ombak yang besar yang bahkan ketinggiannya bisa mencapai 3 meter. Pantai yang terletak di Kecamatan Pasirian ini memiliki warna pasir yang umum ditemukan di pantai-pantai Kabupaten Lumajang, yaitu pasir hitam. Pasir hitam di pantai Bambang serta pantai-pantai lainnya di Kabupaten Lumajang sebenarnya berasal dari pasir di gunung bromo yang dibawa oleh aliran sungai atau lava. Pasir itu juga dapat berfungsi untuk menyimpan air tawar dikala hujan, sehingga walaupun berada di tepi pantai, namun masih ada air tawar di dekat pantai yang lokasinya 24 km dari pusat Kabupaten Lumajang ini.

Sebagai pantai selatan di pulau Jawa, tentunya legenda mengenai Nyi Roro Kidul juga terdapat di pantai yang lokasinya di desa Bago ini. Pantai Bambang oleh masyarakat setempat dianggap sebagai tempat persemayaman Ratu Nyi Roro Kidul, ratu penguasa pantai selatan pulau Jawa.

Selain ciri khas pantai Bambang yang berpasir hitam serta berombak besar, pantai ini juga merupakan salah satu penghasil batu hias yang cukup terkenal. Batu hias yang bisa ditemukan di pantai Bambang ini biasanya berbentuk lonjong serta bulat dengan ukuran, bentuk, tekstur serta karakteristik lainnya yang bervariasi, yang secara alami terbentuk dari sedimen muara sungai di pesisir pantai Bambang. Batu-batu hias tersebut banyak dijual, dengan harga yang bervariasi.

Itulah sekilas mengenai pantai Bambang di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang kali ini diulas dalam blog nnoart. Semoga ulasan singkat ini dapat membantu bagi yang berencana untuk jalan-jalan ke Lumajang. 

Koleksi foto nnoart di Pantai Bambang Lumajang


Pantai Bambang berlokasi di desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.
Pasir hitam dan ombak yang besar

Sebagai tempat wisata favorit di Lumajang tentunya akan selalu ramai dari kunjungan wisatawan.
Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi di kabupaten Lumajang

Namun anda perlu berhati-hati dengan ombak di Pantai Bambang yang cukup besar khas ombak pantai selatan.
Area pasir luas yang biasa ditambang pasirnya

Pantai Bambang disarankan oleh nnoart bagi yang menyukai wisata pantai terutama pantai-pantai di Jawa Timur.
Harus hati-hati dengan ombak di pantai Bambang

Keterangan:
Lokasi: Objek Wisata Pantai Bambang, Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Waktu: Mei 2011


SHARE TULISAN INI:


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment